Fisika · Biologi · Matematika · Teknologi · I am Teacher ·

SD Card Tak Terbaca? Ikuti Tips Memperbaiki Kartu Memori Eksternal

SD Card Tak Terbaca? Ikuti Tips Memperbaiki Kartu Memori Eksternal
SD Card Tak Terbaca? Ikuti Tips Memperbaiki Kartu Memori Eksternal - SD Card yang dikenal juga dengan kartu memori eksternal hingga kini masih menjadi salah satu perangkat paling dibutuhkan bagi pengguna kamera digital dan pengguna smartphone. Namun, sebagian pengguna SD Card pernah mengalami memori yang tidak terbaca. Kartu memori eksternal yang tidak terbaca tentunya akan menyulitkan ketika hendak memindahkan data-data di dalam kartu memori tersebut. Berikut ini merupakan 4 tips yang akan berguna memperbaiki kartu memori eksternal atau SD card yang tidak terbaca :

1. Bersihkan Kartu Memori

Cara pertama untuk mengatasi masalah pada SD Card atau kartu memori yang tidak terdeteksi yang bisa dilakukan yakni mengeluarkan SD Card dari gadget. Selanjutnya Anda dapat bersihkan lempengan tembaga berwarna keemasan menggunakan penghapus pensil lalu gosok perlahan sampai bersih. Apabila sudah bersih, masukkanlah kembali SD Card ke slot memori, selanjutnya periksa apa kartu memori telah terbaca.

2. Format dari Android

Cara kedua untuk memperbaiki kartu memori eksternal atau SD Card yang tidak terbaca agar kembali terbaca yaitu dengan melakukan format dari gadget Android. Caranya adalah masuklah ke menu “Setting” lalu pilih “Storage”. Dalam menu tersebut, ada pilihan berupa “Erase SD card”. Apabila memilih hapus SD card, maka kita bisa membuat memori bersih layaknya baru sehingga memori dapat dibaca kembali.

3. Cek Error dari PC atau Laptop

Selain dua cara memperbaiki kartu memori eksternal sebelumnya, dapat pula mengecek error apa yang sedang terjadi pada SD card melalui PC (personal computer) maupun Laptop. Caranya yakni dengan menghubungkan gadget Android ke PC maupun Laptop melalui kabel data. Selanjutnya pastikan Android terhubung dengan Mass Storage atau MSC, bukannya MTP atau “Media Transfer Mode”.

Lalu bukalah Windows Explorer, lakukan klik kanan di Drive SD Card, pilih “Properties” berlanjut pilih “Tools”. Selanjutnya “Error Checking”. Tunggulah hingga proses selesai. Terakhir, Eject SD Card dan cek apakah telah terbaca.

4. Format melalui PC

Cara selanjutnya memperbaiki kartu memori eksternal, bisa dengan buka folder baru pada HardDisk lalu backup isi SD Card yang tak terbaca. Lalu copy semua isi SD Card kemudian Paste ke folder baru tadi. Ketika sudah tercopy semuanya, formatlah SD Card tersebut. Lalu, kembalikanlah semua data di folder baru ke SD Card lagi.

Kartu memori eksternal yang tidak terbaca tentunya akan menyulitkan ketika hendak memindahkan data-data di dalam kartu memori tersebut. Semoga 4 tips memperbaiki kartu memori eksternal dapat membantu menyelesaikan masalah SD Card yang tidak terbaca.

Baca juga:

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "SD Card Tak Terbaca? Ikuti Tips Memperbaiki Kartu Memori Eksternal"

Post a Comment

Silahkan Berikan Komentar Anda