Fisika · Biologi · Matematika · Teknologi · I am Teacher ·

PERKALIAN 1 SAMPAI 10

Semester ini, saya pertama kali mengajar kelas 9 SMP. Materi bangun ruang sisi lengkung. Panjang lebar menerangkan cara mencari volume dan luas permukaan, diberikan berbagai tipe soal, dari yang sama plek cuma diganti angkanya saja, yang bisa mengerjakan tetep anak-anak itu saja. Akhirnya saja bagi kelompok dan datangi perkelompok, ehh ternyata… gimana mau menghitung volume dan luas permukaannya, lha perkalian 1 sampai 10 saja mereka belum hapal. Pantesan tahu rumus tapi tidak tahu gimana cara mengalikannya. Saya pun geleng-geleng kepala, gimana mereka belajar matematika dari SD sampai kelas 9 SMP kalau perkalian 1 sampai 10 saja tidak hapal. Kebayang gimana sulitnya guru-guru lain mengajar anak-anak yang seperti ini.

Jadi, selagi anak-anak kita, keponakan kita, sepupu kita yang masih kecil, atau mungkin tetangga yang masih duduk di bangku kelas 3 SD harus mulai diajarkan, dipahamkan dan dihapalkan perkalian 1 sampai 10. Latih terus dengan soal-soal perkalian bersusun dan pembagian bersusun sampai mahir. Ini penting. Penting sekali, karena ketika mereka SMP dan SMA sudah tidak diajarkan lagi cara perkalian dan pembagian, mereka tinggal menerapkannya pada materi yang lebih lanjut.

PERKALIAN 1 SAMPAI 10
Perkalian merupakan penjumlahan berulang.

2×4=4+4=8
4×2=2+2+2+2=8

Bentuk perkalian di atas hasilnya sama tapi cara menjumlahkannya berbeda.

PERKALIAN 1 SAMPAI 10

PERKALIAN 1 SAMPAI 10

PERKALIAN 1 SAMPAI 10

Demikian seterusnya hingga perkalian 10. Silahkan lanjutkan membuat perkalian 1 sampai 10 dengan menguraikan penjumlahannya seperti diatas di buku tulis masing-masing. Setelah selesai, buat tabel hasil perkalian 1 sampai 10 dengan rapi pada selembar kertas (dilaminating) atau ditulis dalam selembar kertas yang tebal sehingga bisa digunakan saat mengerjakan perkalian bersusun. Tabel ini nanti bisa sekaligus dibuat dengan pembagian 1 sampai 10 dibelakangnya, bisa juga tidak, karena untuk hasil pembagiannya bisa dilihat pada perkalian. Ajari anak-anak untuk membuatnya sendiri dengan tulisan tangan sendiri, bisa dibantu dengan membuatkan garis-garis pembatas antar bilangannya agar terlihat rapi. Suruh anak-anak untuk menghapalkannya, tetapi tidak harus. Bagi yang tidak suka menghapal, ada cara lain untuk menghapalkannya tanpa harus disebutkan satu persatu seperti hapalan, yaitu dengan latihan perkalian bersusun yang buanyak, sehingga anak-anak menjadi otomatis hapal.

Untuk mengecek hasil perkalian 1 sampai 10 yang benar bisa dilihat pada link berikut.

DOWNLOAD TABEL PERKALIAN 1 SAMPAI 10 

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "PERKALIAN 1 SAMPAI 10"

Post a Comment

Silahkan Berikan Komentar Anda