Fisika · Biologi · Matematika · Teknologi · I am Teacher ·

Perhitungan Dasar Matematika: Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan 0 Sampai 20

Perhitungan Dasar Matematika: Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan  0 Sampai 20
Untuk penjumlahan dan pengurangan bilangan 0 sampai 20 kita bisa menggunakan jari tangan dan jari kaki sebagai bantuan. Karena umumnya anak-anak masih sulit untuk membayangkan bilangan 0 - 20 tanpa melihat banyak benda secara langsung. Pada awal pengenalan bilangan, penjumlahan dan pengurangan mungkin akan terasa sulit bagi sebagian anak, setiap anak mempunyai kemampuan awal matematika yang berbeda-beda jadi perlu kesabaran dalam mengajarinya. Jika dengan menggunakan bantuan jari tangan dan kaki masih terasa sulit, orangtua bisa mencoba dengan membuatkan bendanya. Dulu, ibu membuatkan saya bambu yang dibentuk seperti pensil kecil dan seragam. Itu yang selalu saya bawa di tempat pensil, jika belajar penjumlahan dan pengurangan maka bambu itu yang akan saya gunakan untuk menghitung. Sekarang lebih praktis bisa menggunakan sempoa berbahan plastik yang banyak dijual di toko-toko. Eh, tapi jaman saya kecil sebenarnya sempoa plastik ini sudah ada, kalau belum ada jadi tua sekali saya sekarang... :).

Perhitungan Dasar Matematika: Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan  0 Sampai 20


Keuntungan menggunakan jari tangan sebagai bantuan perhitungan penjumlahan dan pengurangan adalah anak-anak akan terbiasa membayangkan jari tangan sehingga otak anak-anak akan lebih mudah membayangkan bilangan 0 sampai 10, kalau susah membayangkannya maka dapat langsung digambarkan dengan jari-jari tangan. Untuk bilangan 11 sampai 20 gunakan jari kaki sebagai bantuan. Ini tidak apa-apa, lambat laun anak-anak akan bisa membayangkannya tanpa menggunakan bantuan jari kaki lagi. Awal penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian juga nantinya harus ektra sabar mengenalkannya kepada anak-anak. Berikan konsep yang benar, maka anak-anak akan mudah untuk melanjutkan ke bilangan yang lebih besar dengan menggunakan cara bersusun nantinya. Anak- anak harus menguasai benar penjumlahan  dan pengurangan 0 – 20, agar mudah untuk penjumlahan dan pengurangan bersusun nantinya.

Di bawah ini saya berikan link penjelasan dan latihan soal-soal dalam bentuk pdf. Silahkan klik download untuk mendownload.



IdaR.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Perhitungan Dasar Matematika: Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan 0 Sampai 20"

Post a Comment

Silahkan Berikan Komentar Anda