Fisika · Biologi · Matematika · Teknologi · I am Teacher ·

Apa Itu Ilmu Forensik?

Seperti yang banyak kita lihat disekitar, hampir semua aktifitas yang kita lakukan dimudahkan dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmu foreksik saat ini telah menjadi bagian dari cabang sains yang menjadi alat penting dalam memerangi kejahatan. Perkembangan ilmu foreksik sangat membantu polisi dalam memudahkan penyelesaikan sebuah kasus.

Definisi Ilmu Forensik
Apa Itu Ilmu Forensik?
foto: www2.hull.ac.uk
Ilmu forensik adalah ilmu yang digunakan untuk keperluan hukum dengan memberikan bukti ilmiah yang dapat digunakan dalam pengadilan dalam memecahkan kejahatan. Informasi penting yang diberikan oleh ilmu forensik membantu sistem keadilan berjalan. Ilmu forensik menggunakan berbagai ilmu, seperti biologi, kimia fisika, psikologi, ilmu sosial, geologi dan sebagainya, untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan situasi hukum.

Ilmu Forensik di Film
Apa Itu Ilmu Forensik?
foto: www.kbsez.com
Karakter fiksi terkenal Sherlock Holmes menggunakan ilmu forensik sebagai salah satu metodenya untuk menyelidiki kejahatan. Penyelidikan ilmu forensik merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam beberapa serial drama bergenre kejahatan yang sangat populer seperti CSI (Crime Scene Investigation) yang menggunakan ilmu forensik sebagai bagian dari alur cerita mereka.

Investigasi Kriminal
Apa Itu Ilmu Forensik?
foto: www.123rf.com
Dalam investigasi kriminal, penyidik mengumpulkan barang bukti dari TKP, korban dan tersangka. Sampel ini kemudian dianalisis di laboratorium oleh ahli ilmu forensik untuk memberikan bukti ilmiah untuk membantu mengarahkan penyelidikan ke arah yang benar. Semua ahli ilmu forensik bekerja sama dengan penyidik ditempat kejadian dan polisi.

Apakah kamu tahu bahwa hal-hal kecil dapat ditemukan di tempat kejahatan seperti sisa puntung rokok, tanda lipstik di cangkir, permen karet dibuang di tempat sampah atau tanda sepeda motor yang tersisa di lumpur, juga dapat memberikan bukti forensik yang berharga?

DNA dan Sidik Jari Sangat Penting dalam Ilmu Forensik
Apa Itu Ilmu Forensik?
foto: www.popsci.com
Dalam sebagian besar kasus, teknologi asam deoksiribonukleat (DNA) dalam pembuatan profil dan analisis sidik jari dapat digunakan untuk menyelidiki kejahatan. DNA adalah kode genetik yang ditemukan di setiap sel dalam tubuh kita. DNA dan sidik jari setiap orang memiliki cetakan yang unik sehingga informasi ini dapat digunakan untuk membantu mengidentifikasi penjahat yang sebenarnya. Kita dapat mengetahui pelaku sebuah kejahatan dengan mengumpulkan sampel DNA dan sidik jari yang tertinggal di TKP kemudian mencocokan data DNA dan sidik jari di database DNA nasional. Ini adalah teknologi yang sangat canggih yang dapat membantu dalam mengidentifikasi pelaku.

Apa yang Ilmuwan Forensik Lakukan?
Apa Itu Ilmu Forensik?
foto: www.laboratoryequipment.com
Ilmuwan forensik juga meneliti hubungan jejak material yang terkait dengan kejahatan untuk memberikan bukti dalam penyelidikan kriminal. Pekerjaan forensik biasanya dilakukan di bawah tiga bagian: biologi, kimia dan obat-obatan atau toksikologi. Para ilmuwan mempelajari berbagai bagian tubuh korban, terutama tulang, untuk mengidentifikasi penyebab kematian, jenis kelamin, etnis, usia dan waktu kematian. Sementara beberapa tes forensik dapat diselesaikan dalam waktu satu jam, yang lain mungkin dalam waktu beberapa bulan.

Hingga saat ini, ilmu forensik telah memiliki kontribusi yang signifikan dalam menyelamatkan ribuan orang yang tidak bersalah dan tidak perlu mendapatkan hukuman penjara atau bahkan mendapatkan hukuman mati

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Apa Itu Ilmu Forensik?"

Post a Comment

Silahkan Berikan Komentar Anda