Fisika · Biologi · Matematika · Teknologi · I am Teacher ·

Perhitungan Dasar Matematika: Pengenalan Bilangan

Perhitungan Dasar Matematika: Pengenalan Bilangan
PERHITUNGAN DASAR MATEMATIKA (I)

PENGENALAN BILANGAN
Pengenalan matematika dimulai dengan mengenalkan bilangan 0 sampai 20. Ini akan berguna untuk pengenalan penjumlahan dan pengurangan nantinya. Tahap-tahap belajar pengenalan bilangan sebagai berikut.

1. Ajari anak-anak menyebutkan secara berurutan bilangan 0 sampai 20 dengan menggunakan jari tangan. Terus berulang-ulang hingga mereka hapal.
Jari tangan hanya sebagai bantuan untuk menunjukkan banyak benda dengan bilangan,  bahwa tidak ada jari tangan yang muncul berarti 0, satu jari tangan yang muncul berarti banyaknya 1, dua jari tangan yang muncul berarti banyaknya 2, dst.

2. Ajari anak-anak menyebutkan bilangan 0 sampai 20 sambil menunjukkan lambang bilangannya.

3. Untuk anak-anak yang sudah mulai diajari membaca dan menulis, bisa langsung diajari cara menuliskan nama bilangannya, satu, dua, tiga, dst.
  
4. Ajak anak-anak untuk menghitung beberapa benda kemudian suruh menuliskan bilangan banyak bendanya.

5. Jika anak-anak sudah bisa, maka bisa dilanjutkan dengan mengajari bilangan selanjutnya mulai dari 21 sampai 100 secara bertahap.
a.Ajari mereka menghitung 21 sampai 40 dan suruh mereka menuliskannya
b.Terus berlanjut secara bertahap hingga 100.
      
Biasanya anak-anak akan mulai bisa meneruskan bilangan selanjutnya jika sudah diajari 21 sampai 40. Kalau anak-anak sudah mulai menulis maka bisa sekalian ditulis dengan nama bilangannya.
          
Dibawah ini saya berikan tahapan belajar pengenalan bilangan dan latihan-latihan soal secara berurutan. Silahkan klik download untuk mendownload.


Ketemu di materi selanjutnya ya…

Salam,
IdaR

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Perhitungan Dasar Matematika: Pengenalan Bilangan"

Post a Comment

Silahkan Berikan Komentar Anda