Fisika · Biologi · Matematika · Teknologi · I am Teacher ·

Encoding dan Modulasi

gelombang
Modulasi adalah proses perubahan suatu gelombang periodik sehingga menjasikan suatu sinyal dapat membawa informasi. Sedangkan encoding adalah proses untuk mengubah sinyal ke dalam bentuk yang dioptimasi untuk keperluan komunikasi data dan penyimpanan data. Kedua hal inilah yang saling mendukung untuk mengubah bentuk sinyal sehingga bisa disalurkan dari pengirim ke penerima.

Dalam hal modulasi, komunikasi data ada yang menggunakan sinyal digital. Tetapi komunikasi ini memiliki kelemahan yaitu jarak tempuh yang tidak terlalu besar akibat pengaruh noise berupa redaman yang terjadi pada media transmisi. Sedangkan komunikasi data menggunakan sinyal analog jarak tempuhnya akan menjadi lebih besar.

Dari kedua cara di atas timbullah suatu masalah yaitu bagaimana menggunakan teknik sinyal analog untuk pengiriman sinyal digital. Sinyal digital hanya mengenal dua keadaan yaitu biner (0 dan 1). Dengan teknik modulasi, sinyal digital dapat diubah menjadi sinyal analog untuk dikirimkan dan setelah samapai ke penerima akan diubah kembali menjadi sinyal digital. Ada satu teknik lagi selain teknik modulasi yaitu teknik demodulasi. Teknik demodulasi adalah teknik untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

Kalau kita berbicara masalah bentuk sinyal/gelombang yang digunakan untuk membawa sinyal analog maka sinyal atau gelombangnya akan berbentuk sinyal/gelombang sinusoidal. Sinyal sinusoidal akan tergantung dari 3 hal, yaitu:

a. Amplitude

b. Frekuensi

c. Fase.

Oleh karena itu jenis-jenis modulasi yang digunakan akan didasarkan ketiga hal tersebut yaitu:

a. Amplitude Modulation (AM)
Menggunakan amplitude sinyal analog untuk membedakan kedua keadaan sinyal digital. Frekuensi dan fasenya tetap, yang berubah hanya amplitudonya. Dengan cara ini maka keadaan amplitude “1” (high) sinyal digital diwakili dengan tegangan yang lebih besar daripada tegangan yang mewakili keadaan “0” (low) sinyal digital. AM adalah jenis modulasi yang paling mudah dan paling mudah dipengaruhi transmisinya.

b. Frequency Modulation (FM)
Amplitudo dan fasenya tidak berubah, sedangkan yang berubah hanya frekuensinya saja. Kecepatan transmisi mencapai 1200 bps. System yang umum digunakan adalah FSK (Frequency Shift Keying).

c. Phase Modulation (PM)
Fasenya berubah-ubah sedangkan amplitudo dan frekuensinya tetap. Digunakan untuk pengiriman data dalam jumlah besar dan dalam kecepatan yang tinggi. Bentuk PM yang paling sederhana adalah pergeseran sudut fase 1800 setiap penyaluran bit “0” dan tidak ada pergeseran sudut bila bit “1” disalurkan.

Alat yang biasa digunakan adalah modem (modulasi dan demodulasi).

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Encoding dan Modulasi"

Post a Comment

Silahkan Berikan Komentar Anda